Sabtu, 16 November 2013

Dan Tentang Dua Buku Yang Gagal Untuk Ditulis


Baiklah, saya gagal melanjutkan lagi 2 tulisan tentang buku yang mempengaruhi hidup di #5BukuDalamHidup , pertama padatnya waktu kerja dan kedua saya memang tidak sulit menjadi rajin untuk menulis. Meskipun ini sekarang-sekarang ini musim hujan, tapi saya mau katakan: Gomen ne Summer!
Sebenarnya saya berniat menuliskan cerita 2 buku sisanya, sudah ada dua buku yang saya siapkan:
  1. Free Culture: How Big Media Uses Technology and the Law to Lock Down Culture and Control Creativity – Lawrence Lessig. Buku ini menuntun saya menjadi penganut copyleft sekaligus pendukung setia free sharing. Buku ini juga landasan saya dalam menulis skripsi yang mengantar saya mendapatkan label sarjana. Awalnya saya membacanya dari ebook yang disebar gratis, tetapi November tahun lalu, pada sebuah konferensi sekaligus peluncuran Creative Commons Indonesia, saya mendapatkan versi cetak sekaligus terjemahan bahasa Indonesia. Gratis pula.
  2. Bumi Manusia – Pramoedya Ananta Toer. Saya menyukai sastra dan mulai rajin membaca karena buku ini. deskripsi tersebut sudah cukup menggambarkan betapa mempengaruhinya buku pertama dalam tetralogi buru ini.

Begitulah, itulah 2 buku yang tadinya hendak saya lanjut ceritakan.

Serang, 16 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar